Cara Memberi Minyak Ikan ke Kucing

Cara Memberi Minyak Ikan ke Kucing

Pernahkah kamu mendengar nasihat seperti ini, “Kalau kucing kamu nggak nafsu makan. Kasih minyak ikan rutin setiap hari. Nanti, nafsu makannya balik lagi.”. Beberapa pemilik kucing pemula sering bergumam, “Emangnya kucing boleh mengonsumsi minyak ikan? Terus, bagaimana cara memberi minyak ikan ke kucing?”.

Boleh, kucing boleh mengonsumsi minyak ikan. Minyak ikan adalah minyak hasil ekstraksi dari lemak di tubuh ikan. Minyak ikan mengandung senyawa asam alfa-linoleat (ALA), asam eicosapentaenoic (EPA), omega-3, dan asam docosahexaenoic (DHA). Senyawa ini sangat bermanfaat untuk kesehatan kucing. Maka dari itu, banyak pemilik kucing menganjurkan pemberian minyak ikan ke kucing. Bagi pemilik kucing pemula yang belum tahu caranya, jangan panik. Kami bocori teknik rahasianya. Berikut panduan cara memberi minyak ikan ke kucing yang kami kutip dari situs goldenmaze.net.

Langkah #1: Ambil Kapsul Minyak Ikan Secukupnya

Jika kamu membeli minyak ikan di marketplace, kamu akan mendapatkan dua jenis minyak ikan, yaitu minyak ikan cair dan minyak ikan kapsul. Pada tutorial ini kami menggunakan minyak ikan kapsul merek Fish Oil Plus.

Okay, lanjut ya!

Seberapa banyak kapsul minyak ikan yang kita butuhkan? Ada takaran pemberian minyak ikan ke kucing.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel dosis pemberian minyak ikan di bawah ini:

Ukuran KucingBerat BadanTakaran Konsumsi
Kucing kecil.1-4kg.1 kapsul minyak ikan sehari.
Kucing sedang.4-12kg.2 kapsul minyak ikan sehari.
Kucing besar.>12kg.3 kapsul minyak ikan sehari.

Jadi, sebelum memberikan minyak ikan, pastikan kamu menimbang kucing kamu terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu akan tahu dosis pemberian minyak ikan yang tepat.

Karena kucing yang akan kami beri minyak ikan berat badannya kurang dari 4kg, maka kami cukup memberikan 1 kapsul minyak ikan per hari.

Langkah #2: Lubangi Ujung Kapsul Minyak Ikan dengan Jarum

Kapsul minyak ikan biasanya terbuat dari gelatin. Di mana, kapsul minyak ikan mudah hancur saat terkena air atau cairan asam lambung. Kucing boleh memakan kapsul minyak ikan secara langsung, namun apabila ukuran kapsul terlalu besar, rawan tersedak. Oleh karena itu, lubangi ujung kapsul minyak ikan dengan jarum, baru kamu kasihkan minyak ikan ke kucing. Jika kamu nggak punya jarum, silakan pakai gunting atau peniti. Intinya, kamu bikin lubang buat ngeluarin cairan di dalam kapsul minyak ikan. Silakan langsung dipraktikkan, cara ini cenderung lebih mudah dan praktis untuk pemilik kucing pemula.

Langkah #3: Berikan Minyak Ikan ke Kucing secara Langsung atau Dicampurkan ke Makanan Kucing

Setelah kamu memotong ujung kapsul minyak ikan, langkah selanjutnya adalah memberikan minyak ikan ke kucing. Ada beberapa cara memberi minyak ikan ke kucing yang bisa kamu coba:

  1. Oleskan minyak ikan ke bibir kucing. Jadi, kamu pegang kepala kucing kamu dengan lembut. Lalu, oleskan minyak ikan ke bibir kucing. Biarkan kucing menjilati minyak ikan yang menempel di bibirnya sampai habis.
  2. Teteskan minyak ikan ke rongga mulut kucing. Kamu perlu memangku kucing dan mendongakkan kepalanya. Selanjutnya, tekan pojok mulut kucing untuk memaksa kucing membuka mulutnya. Setelah mulut kucing terbuka, teteskan minyak ikan secara perlahan sampai habis.
  3. Campurkan minyak ikan ke makanan basah kucing. Jika kamu tidak mau repot, kamu bisa memberikan minyak ikan ke makanan basah kucing. Ambil makanan basah favorit kucing kamu. Selanjutnya, teteskan minyak ikan ke makanan basah yang sudah kamu siapkan. Aduk secara perlahan sampai merata. Biarkan kucing menghabiskan semua makanan basah yang sudah kamu campur dengan minyak ikan.

Ada beragam cara, tinggal pilih saja teknik memberi minyak ikan ke kucing favorit kamu. Kalau kami, kami biasanya langsung meneteskan minyak ikan ke rongga mulut kucing. Jika masih ada sisa, kami oles-oleskan ke bibir kucing. As simple as that!

Langkah #4: Biarkan Kucing Menjilati Sisa-sisa Minyak Ikan yang Masih Menempel

Adakalanya, kamu tidak memencet kapsul minyak ikan dengan benar. Akibatnya, ada sisa minyak ikan di tangan atau di kapsul minyak ikan. Jangan panik, pencet terus saja sampai semua cairan minyak ikan keluar. Taruh di jari atau telapak tanganmu. Biarkan kucing menjilati minyak ikan yang tersisa.

Kalau kamu geli saat dijilati kucing, kamu bisa mengoleskan sisa-sisa minyak ikan ke bibir kucing. Nanti kucing akan menjilati bibirnya sampai bersih.

Langkah #5: Bersihkan Mulut Kucing dan Buang Kapsul Minyak Ikan ke Tempat Sampah

Langkah terakhir dalam cara memberikan minyak ikan ke kucing adalah membersihkan sisa-sisa minyak ikan yang berceceran. Minyak ikan mengandung senyawa asam lemak esensial yang beraroma kuat. Aroma amis, gurih dan lezat bagi serangga, khususnya semut.

Nah, biar pasukan semut nantinya tidak menyerang kucing kamu, sebaiknya kamu membersihkan bibir kucing setelah kamu selesai memberikan minyak ikan. Caranya mudah, tinggal usap bibir kucing dengan kain basah/tisu basah sampai bersih. Pastikan juga, kamu mengelap minyak ikan yang jatuh berceceran di lantai. Bersihkan juga jarum/gunting yang kamu pakai untuk melubangi kapsul minyak ikan.

Dengan begitu, kamu tidak meninggalkan jejak minyak ikan yang mengundang kedatangan semut. Terakhir, kapsul minyak ikan dan tisu kotor, langsung buang saja ke tempat sampah.

Nah, begitulah step by step cara memberi minyak ikan ke kucing. Cukup jelas ya? Jika ada langkah yang belum kamu pahami, silakan tinggalkan pertanyaan melalui kolom komentar di bawah.

You May Also Like

About the Author: Mandira