Cara Menghapus Akun Telegram Secara Permanen

Telegram memang memberikan fasilitas yang lengkap dan lebih unggul dari segi keamanannya. Meskipun demikian, beberapa pengguna berkeinginan untuk menghapus akun Telegram dengan berbagai alasan.

Beberapa alasan tersebut adalah (1) tak menemukan teman (2) tak menemukan grup yang sesuai (3) tak menemukan channel film kesukaan untuk didownloadnya (4) dan alasan terakhir adalah karena tidak ingin lagi menggunakan Telegram.

Apapun itu alasannya, apabila kalian hendak menghapus akun Telegram, hanya ada beberapa langkah yang bisa diambil. Kalian bisa menerapkan salah satu langkah dibawah ini:

Cara Menghapus Akun Telegram Melalui Pengaturan

Pada langkah pertama, kalian tidak menghapus secara manual dengan menekan tombol Hapus Akun. Melainkan kalian hanya perlu mengatur hapus otomatis pada salah satu opsi di Pengaturan Telegram, berikut caranya:

  • Langkah #1: Jalankan aplikasi Telegram di HP kalian
  • Langkah #2: Ketuk menu berikon garis 3 sejajar di sudut kiri atas
  • Langkah #3: Pilih pada menu Pengaturan lalu pilih menu Privasi dan Keamanan
  • Langkah #4: Usap kebawah hingga menemukan opsi Hapus Akun Saya
  • Langkah #5: Ketuk pada menu Jika Berjarak lalu pilih durasi waktunya. Sebaiknya pilih durasi paling singkat yaitu 1 bukan
  • Langkah #6: Copot pemasangan aplikasi Telegram dari HP

Setelah 1 bulan berlalu, maka akun Telegram kalian akan terhapus permanen. Namun jika kalian menunggu masa penghapusan otomatis diatas dengan login/masuk akun Telegramnya, maka proses penghapusan akunnya tak akan berhasil.

Hal tersebut dengan jelas sudah diterangkan oleh pihak Telegram, bahwa pihaknya menyatakan “Apabila akun Telegram tidak digunakan dalam jangka waktu yang sudah diatur, maka akan dihapus secara otomatis”.

Makanya dilangkah di atas kalian perlu mencopot aplikasinya dari perangkat HP kalian. Hal itu tak wajib, sebab tergantung tujuan kalian menghapus akun itu mau ganti akun baru apa menyudahi menggunakan layanan Telegram.

Cara Menghapus Akun Telegram Melalui Website

Tidak hanya menggunakan durasi waktu untuk menghapus secara otomatis, terdapat layanan khusus buat pengguna Telegram.

Layanan tersebut adalah layanan yang bisa dimanfaatkan pengguna Telegram untuk menghapus akunnya. Layanan ini berbasis online yang kalau diakses memerlukan browser dan internet.

Menurut sumber yang kami peroleh dari salah satu situs informasi teknologi Wantek, terdapat beberapa langkah yang musti kalian gunakan dalam penghapusan akun. Berikut ini langkah-langkah yang kami maksud:

  • Buka dulu Browser di HP
  • Masukkan tautan berikut my.telegram.org/auth pada bar pencarian
  • Kemudian masukkan nomor Telegram yang ingin kalian hapus
  • Jangan lupa masukkin Confirmation Code yang dikirim melalui chat Telegram kalian
  • Setelahnya klik tombol Sign In
  • Selanjutnya kalian diminta alasan kenapa ingin meninggalkan Telegram
  • Jika sudah mengisinya, kalian ketuk tombol Delete My Account
  • Saat muncul popup konfirmasi, tekan tombol Yes, Delete My Account
  • Selesai

Cara Mengembalikan Akun Telegram yang Terhapus

Sebenarnya cara mengembalikan akun yang terhapus sudah dijelaskan pada langkah pertama. Biar lebih jelas, kami berikan keterangan lagi.

Pada saat kalian memilih durasi waktu penghapusan selama 1 bulan, kalian bisa mengembalikan akun Telegram sebelum menyentuh durasi waktu yang ditentukan.

Namun apabila kalian sudah terlanjur menghapus secara permanen melalui cara kedua dan sudah lewat masa durasi yang ditentukan, maka akun Telegram kalian tidak bisa dikembalikan.

Kabar baiknya, pihak Telegram memberikan layanan pendaftaran akun baru menggunakan nomor lama kok. Tapi dengan konsekuensi data seperti media dan chat lenyap.

Eksport Data Telegram

Nah bilamana kalian hanya ingin mengganti nomor atau menghapus akun lagi terus menggantinya dengan akun baru. Mungkin cara eksport data Telegram berikut dapat membantu kalian dalam mencadangkan data privasi:

  1. Buka aplikasi Telegram Desktop
  2. Pilih menu Settings lalu pilih menu Advanced
  3. Saatnya kalian ketuk opsi Export Telegram Data lalu pilih jenis data yang ingin kalian eksport
  4. Selesai dan kalian sekarang sudah bisa melihat data Telegram secara offline sekaligus mencadangkan privasi

Jadi hanya seperti itu saja cara menghapus Telegram secara permanen, sangat mudah kan ya?. Apabila cara-cara diatas bermanfaat, kalian boleh bagikan kepada teman yang membutuhkan panduannya ya.

You May Also Like

About the Author: Mandira