Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

Smartphone tipe Android sebenarnya menyajikan sejumlah fitur mudah dan sederhana untuk dijalankan.

Bahkan ada cara menyembunyikan aplikasi di Android bagi Anda yang ingin lebih menjaga privasi.

Namun dari segi sistem, pasti masih banyak pengguna Android yang kesulitan untuk menyembunyikan beberapa aplikasi tersebut.

Untuk lebih aman dan tidak mudah dibobol, kali ini akan dibahas mengenai cara paling mudahnya.

Alasan dan Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

Sebenarnya alasan paling utama seseorang ingin menyembunyikan aplikasi Android untuk menjaga keamanan. Alasan itulah yang sebagian orang cari. Agar data diri yang terdapat pada aplikasi bisa disembunyikan. Semua informasi penting juga dapat disembunyikan agar tidak banyak diketahui oleh orang lain.

Selain itu sejumlah aplikasi yang jarang sekali digunakan juga lebih baik disembunyikan karena dapat merusak tampilan menu menjadi tidak bagus. Sejumlah cara yang bisa digunakan untuk menyembunyikan aplikasi di Android antara lain berikut ini.

Cara menyembunyikan aplikasi di Android sebenarnya tidak tersedia fitur bawaan untuk menyembunyikan tampilan aplikasi. Tetapi untuk memaksa supaya aplikasi tersebut tidak bisa diakses ataupun dilihat bisa dilakukan oleh para pengguna.

Apabila diambil garis besarnya, beberapa aplikasi tersebut memang tidak sepenuhnya disembunyikan, hanya saja tidak di aktifkan untuk mengurangi akses internet yang berjalan pada aplikasi tersebut. Langkah yang bisa dicoba adalah:

  • Silakan Membuka menu pengaturan pada smartphone Android. Lalu pilih aplikasi.
  • Setelah masuk pada menu aplikasi silakan memilih jenis aplikasi yang akan dinonaktifkan.
  • Pada menu tersebut akan terdapat info aplikasi yang akan digunakan untuk menonaktifkannya.
  • Akan muncul menu konfirmasi, apabila Anda ingin menonaktifkan silakan klik pada icon nonaktifkan.
  • Setelah aplikasi di nonaktifkan maka aplikasi tersebut tidak akan muncul pada halaman depan layar smartphone Android Anda.

Langkah tersebut merupakan cara paling sederhana dan tidak membutuhkan aplikasi pendukung untuk menyembunyikan aplikasi Android. Apabila Anda ingin lebih sederhana yaitu dengan memanfaatkan beberapa aplikasi pendukung untuk mempermudah menyembunyikan aplikasi. Windroid.id, salah satu situs teknologi merekomendasikan beberapa jenis aplikasi yang bisa digunakan antara lain berikut ini.

1. AppLock

Cara menyembunyikan aplikasi di Android yang pertama adalah memanfaatkan aplikasi bernama AppLock. Aplikasi ini memiliki fungsi sebagai penyimpan aplikasi yang dimasukkan pada sebuah folder tertentu dan sudah dipilih oleh pengguna. Tetapi aplikasi ini masih bisa dilihat pada menu tampilan smartphone.

2. Apex Launcher

Aplikasi berikutnya yang berfungsi untuk menyembunyikan yaitu Apex Launcher dan bisa didapatkan di Play Store. Untuk membuka setiap folder sudah dibekali dengan kata sandi Sehingga anda sendiri yang bisa mengakses beberapa aplikasi yang sudah dipilih. Meski begitu sederhana tetapi sangat efektif untuk melindungi privasi sejumlah aplikasi yang ingin disembunyikan.

3. Calculator Vault

Aplikasi berikutnya yaitu Calculator Vault yang berfungsi sebagai folder penyamaran aplikasi. Jenis aplikasi ini menyerupai sebuah aplikasi penyamaran. Ketika smartphone dibuka oleh orang lain mereka tidak akan menyadari jika didalamnya terdapat beberapa aplikasi yang disembunyikan oleh pemiliknya.

Semakin majunya perkembangan teknologi dan update beberapa jenis smartphone, bahkan pada seri smartphone terbaru sudah terdapat folder keamanan yang bisa dimanfaatkan oleh para pengguna. Misalnya produk smartphone paling terbaru sudah melengkapi kemampuan untuk mengunci sejumlah aplikasi yang diinginkan. Jadi aplikasi tertentu sudah bisa tersimpan secara aman tanpa diketahui oleh orang lain.

Itulah beberapa cara menyembunyikan aplikasi di Android yang bisa anda pilih. Silahkan menggunakan beberapa fitur tambahan aplikasi untuk melindungi data pribadi anda secara maksimal. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: michel